Makalah Sistem Informasi untuk Tukang Ojek
Sistem Informasi untuk Tukang Ojek
10:47 pmUniversitas Gunadarma |
Disusun
Oleh :
Bayu
Noviantri
Moch.
Sean Alrenzha
Shafwan
Alfiadin
Deza
Fernando
Lawrence
2KA28
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
Mata
Kuliah : Inovasi Sistem Informasi & Teknologi Informasi Modern#
Dosen
: Ericks Rachmat Swedia, ST, MMSI
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR......................................................................................................3
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................4
1.1
Latar Belakang ..........................................................................................................4
1.2
Rumusan Permasalahan ............................................................................................5
1.3
Tujuan Penulisan .......................................................................................................5
BAB II
PEMBAHASAN.................................................................................................6
2.1 Pengertian Uber Ojek.................................................................................................6
2.2 Sistem Bagi Hasil.......................................................................................................7
2.3 Kelebihan dan Kekurangan Pengguna uberMOTOR................................................8
2.4 Sistem Pemesanan
uberMotor.........................................................................................................................9
BAB III PENUTUP.........................................................................................................10
3.1 Kesimpulan................................................................................................................10
3.1
Saran..........................................................................................................................10
DAFTAR
PUSTAKA......................................................................................................11
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat
menyelesaikan makalah tentang Sistem Informasi Tukang Ojek (Uber). ini dengan baik meskipun banyak kekurangan
didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Ericks Rachmat Swedia, ST,
MMSI. selaku Dosen mata kuliah Inovasi SI & Teknologi Informasi Modern#. yang
telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat
berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai Sistem
Informasi Ojek Online dan rinciannya secara menyeluruh, dan juga bagaimana
mengenal sejarah-sejarah tentang Uber. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di
dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab
itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang
telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang
sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini
dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah
disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya.
Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang
berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di
masa depan.
Bekasi,23 November 2016
Penyusun
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Awal
mula terbentuknya Uber ialah bermula dari Travis
Kalanick, yang merupakan seorang pengusaha muda yang masuk sebagai 4 wirausaha
muda terkaya di Amerika Serikat yang berusia di bawah 40 tahun, versi Majalah
Forbes tahun 2015 dengan total kekayaan $ 6.2 Billion. Saat ini, pria kelahiran
6 Agustus 1976 ini menjadi Cofounder and CEO, Uber TechnologiesInc.
Travis sebenarnya bukan dari keluarga yang kaya, ayahnya ialah teknisi dan
ibunya hanya seorang pedagang di Los Angeles. Sejak kecil ia dikenal sebagai
sosok pekerja keras karena ia sudah terbiasa menjadi pengiklan retail untuk Los
Angeles Daily News. Kemudian, ia masuk kuliah di Universitas California, Los
Angeles, lalu pada tahun 1998 Travis Kalanick
drop out karena ia lebih memilih menciptakan start up pertamanya yaitu Scour
Inc. Meskipun start up ini mengalami kerugian besar bagi investor, Travis pun
pernah dituntut $250 Million oleh para penyumbang dana tersebut. Kemudian, ia
tidak menyerah dengan mendirikan start up lain bernama RedSwoosh, yaitu sebuah
aplikasi berbagi file, yang pada akhirnya dijual dengan harga $ 19 Million.
Pada Tahun 2008, Travis Kalanick berkunjung ke
Paris untuk mengunjungi konferensi LeWeb dan di sana ia bertemu dengan Garrett
Camp, yang merupakan salah satu inisiator kelahiran Uber. Pada saat itu, mereka
kesulitan mendapatkan taksi, kemudian Garrett memiliki ide bagaimana memecahkan
masalah dalam mendapatkan taksi dan Ide inilah asal muasal dari aplikasi Uber.
Awalnya Garrett dan Travis setuju untuk membagi biaya pengemudi, mobil Mercedes
S Class dan sebuah tempat parkir di garasi. Lalu penumpang akan bisa menelusuri
kota San Fransisco menggunakan aplikasi Uber di iphone.
Kemudian pada tahun 2009, layanan UberCap
diluncurkan di San Fransisco dengan konsep bisnis aplikasi penyewaan limosin.
Dalam UberCap, penumpang dapat menikmati indahnya kota San Fransisco dengan
gaya mewah. Sekarang Uber sudah beroperasi di lebih dari 100 kota dan bersaing
dengan taksi konvesional di 59 negara di dunia dan tidak terkecuali di
Indonesia. Saat ini Uber memiliki 6 pilihan kendaraan: Taxi, UberBlack- (SUV,
LUX) UberX, Uber Motor dan juga memiliki sejumlah produk pengiriman.
1.2 Rumusan Masalah
A. Bagaimana perkembangan ojek online di
Indonesia?
B. Apa tanggapan Pemerintah terhadap
kehadiran ojek online?
C. Bagaimana dampak ojek online terhadap
pengangguran dan kemiskinan ?
1.3 TUJUAN
Berdasarkan rumusan masalah yang akan penulis bahas, tujuan dari
penelitian ini adalah :
1. Untuk mengkaji dan memahami perikatan antara pengguna jasa,dalam
Penyedia Jasa Uber yang menggunakan sistem daring menurut sistem hukum di
indonesia.
2.untuk mengkaji dan memahami bagaimana pertanggungjawaban
perusahaan uber,pemilik rental mobil dan sopir Uber terhadap pengguna jasa
apabila terjadi kerugian pada penggunaan jasa.
BAB II ISI
Inilah
Sistem Bagi Hasil Uber Motor Jakarta
Uber Motor yang telah meluncur di Jakarta semakin memperketat persaingan bisnis di dunia ojek online. Hal ini tentu saja akan membuat para driver ojek online harus siap untuk berebut order dari para pelanggan mengingat banyaknya driver ojek oline.
Di sisi lain, kehadiran Uber Motor Jakarta juga memberi kesempatan baru bagi para pencari kerja atau siapa saja yang ingin menjadi driver ojek online untuk bergabung menjadi driver Uber Motor.
Uber Motor yang telah meluncur di Jakarta semakin memperketat persaingan bisnis di dunia ojek online. Hal ini tentu saja akan membuat para driver ojek online harus siap untuk berebut order dari para pelanggan mengingat banyaknya driver ojek oline.
Di sisi lain, kehadiran Uber Motor Jakarta juga memberi kesempatan baru bagi para pencari kerja atau siapa saja yang ingin menjadi driver ojek online untuk bergabung menjadi driver Uber Motor.
Menjamurnya
Bisnis Ojek Online
di zaman
sekarang ini segala sesesuatunya
pun sudah serba modern.Hal tersebut terjadi dengan seiring berkembangnya
kecanggihan teknologi saat ini terutama
dalam teknologi ponsel.
Bisnis sangat identik dengan sebuah usaha yang
dilakukan oleh seseorang yang saling terjalin dalam kerjasama dengan orang lain
dalam menjalankan usaha.
Zaman semakin canggih,teknik berbisnis pun juga
ikutan semakin canggih pula.salah satu bukti dari kecanggihan teknologi
tersebut juga berdampak dalam bidang bisnis.
Sistem Bagi Hasil Uber Motor
Untuk anda yang nanti bergabung menjadi driver Uber Motor, berikut ini gambaran tentang bagi hasil Uber Motor yang nantinya akan anda dapatkan.
Untuk anda yang nanti bergabung menjadi driver Uber Motor, berikut ini gambaran tentang bagi hasil Uber Motor yang nantinya akan anda dapatkan.
Penyesuaian biaya
untuk uberMOTOR, maka perhitungan tarifnya sbb:
Mulai 17 November 2016,diberlakukan penyesuaian
biaya untuk uberMOTOR dijakarta dan sekitarnya :
·
Biaya dihitung hanya berdasarkan biaya
per Km dan akan berubah setelah 12 Km
·
Biaya pembatalan setelah 5 menit : Rp.
5.000
·
Biaya Awal: Rp. 1.000
·
Biaya Per Menit : Dihilangkan
·
Biaya Minimum Rp. 5.000
·
Biaya Per Km: Rp. 1.250
·
Biaya Per Km setelah 12 Km: Rp 2.000
Kelebihan
dari pengguna uberMotor
1. Untuk jarak dekat, Uber lebih murah dibandingkan
dengan penyedia jasa transportasi online lainnya.
2. Untuk Pengguna Pertama Uber memberikan Promo sebesar Rp. 35.000 untuk
pembayaran TUNAI (CASH) dan Rp. 50.000 untuk pembayaran KREDIT. Keduanya melalui Kode Promo sesuai
yang diberikan atau lewat Pengguna Uber lainnya.
3. Pembayaran dengan Tunai, Kartu Kredit atau Debit.
4. Driver uberMotor sudah banyak memakai Atribut
yang sudah diterapkan.
5. Driver yang Ramah dan Baik.
6. Pemesanan Mudah dan cepat direspon.
7. Untuk Tarif uberMOTOR dan uberX
harga estimasi nya sudah tetap harganya,jadi tidak bertambah apabila Macet atau ada kendala lainnya.
8. uberMotor sudah Ramai dari setiap bulannya.
9. Tidak terikat waktu
Kekurangan
dari pengguna uberMotor
1. Jika sedang
Skema perkalian 1,5 – 1,7 maka tarif akan bertambah biaya nya sesuai lokasi yang
sudah ditentukan Skemanya.
2. Untuk Tarif
uberBlack estimasi biaya nya dapat masih berjalan argonya.
3. Untuk respon kadang sesuai Drivernya,ada yang
responnya cepat dan ada yang lama meresponnya.
4.Jarang ada
Promo untuk Pengguna Uber.
5.Masih ada beberapa persen Driver
uberMotor masih belum menggunakan Atribut yang sudah ditetapkan.
6. Kadang suka error.
7. Gabisa PP (Pulang Pergi)
Sistem
Pemesenan uberMotor
Pertama
tama kita lakukan Pick Up Location
yaitu untuk alamat Penjemputan. contoh, Universitas
Gunadarma Kampus J1
o
Destination Required (Isi alamat tujuan).
o
Pembayaran
bisa Melalui Cash dan Kredit.
o
Destination
Required ( alamat Tujuan ) kita
set atau atur alamat tujuan kita ke
Kampus Universitas Gunadarma J4. Untuk confirmation detail nya sudah tercetak di applikas i tersebut. Dan untuk biaya sudah
tercantum yaitu sebesar IDR8.500
TOTAL FARE. Pembayaran melalui CASH . Setelah itu Request uberMOTOR . nanti kita akan
menunggu Drivernya.
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan:
Dengan kehadiran ojek online UBER berbasis aplikasi di
Indonesia menghadirkan berbagai macam polemik dan pandangan dari setiap orang.
Tapi menurut hasil penelitian yang dilakukan BPS, terlihat bahwa hadirnya ojek
berbasis aplikasi ini menjadi salah satu
faktor penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di DKI Jakarta, hal ini
tidak terlepas dari dibukanya lapangan kerja yang banyak untuk para driver
ojek. Sangat banyak penduduk yang pengangguran
kini bekerja sebagai ojek online karena melihat keuntungan yang diraih menjadi
driver ojek online. Meskipun mendapat
kecaman baik dari pemerintah ataupun dari ojek konvensional, namun secara
perlahan keberadaan ojek online ini kini mendapatkan perhatian dimasyarakat. Cukup banyak masyarakat yang beralih ke ojek
online disebabkan cara pemesanannya yang mudah dan tentunya lebih menghemat
waktu dan harganya terjangkau.
3.1 Saran
:
Dengan hadirnya ojek online mampu menjadi salah satu faktor
penurunan angka kemiskinan di DKI Jakarta saat ini. Namun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga harus mencetak lapangan kerja yang besar disektor formal
agar masyarakat memiliki penghasilan yang cukup sehingga angka kemiskinan juga
nantinya berkurang secara perlahan. Selain itu, dukungan juga harus diberikan
kepada pelaku usaha kecil menengah baik berupa dana ataupun lokasi penjualan
agar kreatifitas yang dimiliki oleh masyarakat tidak terbuang secara sia-sia.
Daftar
pustaka :
http://www.nguber.net/2016/08/uber-motor-adalah.html
http://irvancivil19.blogspot.co.id/2016/01/polemik-kehadiran-ojek-online-serta.html
0 comments